11 Batalyon Bentukan Khalifah Abu Bakar Untuk Menumpas Kaum Murtad

26,082

BERANIDAKWAH.COM | 11 Batalyon Bentukan Khalifah Abu Bakar Untuk Menumpas Kaum Murtad. Sepeninggal Rasulullah banyak gejolak yang timbul di kalangan muslimin, salah satunya adalah keluarnya dari Islam atau murtad. Oleh karena itu Khalifah Abu Bakar Ash-Shiddiq benar-benar memperhatikan masalah ini dan memberikan tugas khusus kepada sebagian besar panglima Islam untuk menumpas mereka yang murtad sepeninggal Rasulullah.

Ketika itu Khalifah Abu Bakar menghunus pedangnya sendiri untuk memimpin Pasukan Islam menuju Dzil Qashshah yang berjarak satu marhalah dari kota Madinah. Sementara Ali bin Abi Thalib menarik kendali kekang unta Abu Bakar Ash-Shiddiq. Para sahabat termasuk Ali dan lainnya berusaha membujuk Abu Bakar untuk kembali ke Madinah –sebelumnya urusan Madinah dipercayakan kepada sahabat Usamah yang diberikan oleh Abu Bakar-, agar posisinya memimpin pasukan diganti oleh para panglima Islam yang gagah berani, maka Abu Bakar memenuhi tuntutan mereka dan melantik sebelas pemimpin pasukan Islam, yaitu:

1. Khalid bin Walid, beliau diberikan tugas untuk menumpas Thulaihah bin Kuwailid, dan apabila telah selesai, ia selanjutnya bertugas menumpas Malin bin Nuwairah di Buthah jika mereka mengadakan perlawanan terhadapnya.

2. Ikrimah bin Abu Jahal, ditugaskan untuk menumpas Musailamah al-Kadzdzab (nabi palsu).

3. Syurahbil bin Hasanah, beliu diperintahkan untuk membantu Ikrimah menuju Musailamah al-Kadzdzab.

4. Muhajir bin Abi Umayyah, bertugas menumpas pasukan al-‘Ansi dan sebagai bala bantuan bagi para anak-anak raja Yaman untuk menundukkan Qais bin Maksyuh karena ia telah melepaskan diri dari ketaatan terhadap pemerintah kaum muslimin.

5. Khalid bin Sa’id bin al-Ash, beliau ditugaskan untuk berangkat ke perbatasan kota Syam

6. Amr bin Ash, beliau diperintahkan untuk berjalan menuju Juma’ tempat Qudha’ah, Wadi’ah dan al-Harist.

7. Hudzaifah bin Mihshan al-Ghalfani, beliau diperintahkan untuk menumpas penduduk Daba (salah satu pasar Arab di Oman)

8. Arfajah bin Hartsamah, beliau diperintahkan untuk berangkat ke Mahrah. Marhah adalah salah satu suku di aman dan kepada mereka dinisbatkan al-Ibil al-Mahriyyah, mereka selalu pulang pergi antara Oman dan Hadramaut.

9. Thuraifah bin Hajiz, beliau ditugaskan menuju Bani Sulaim dan suku Hawazin

10. Suwaid bin Muqarrin, beliau diperintahkan menuju Tihamah al-Yaman

11. Dan al-Ala’ bin al-Hadhrami, beliau dikirim menuju Bahrain

Demikian tadi 11 Batalyon bentukan Khalifah Abu Bakar Ash-Shiddiq untuk menumpas kaum murtad dan bagi mereka yang menganggap sebagai utusan Allah (nabi palsu) setelah Muhammad. Pada masa kekhalifahan Abu Bakar Ash-Shiddiq banyak dari kaum muslimin yang sebelumnya taat kepada Allah dan RasulNya mulai melepaskan diri mereka dari lingakaran Islam dan kembali menuju ke jahiliyah. Namun dengan karunia Allah yang berikan melalui Abu Bakar dan kaum muslimin semua pada waktu itu berhasil mengatasi masalah tersebut. Semoga Allah selalu merahmati para sahabat Rasulullah. Aamiin.

Baca juga:

Komentar

Email Anda tidak akan dipublikasikan