20 Amalan Penambah Umur

40,826

BERANIDAKWAH.COM | 20 Amalan Penambah Umur. Kalau yang dimaksud memanjangkan umur adalah mengundurkan ajal yang sudah ditetapkan, jelas tidak akan ada yang mampu selain Allah. Tapi jika maksudnya adalah berusaha menjaga diri agar tetap sehat dan mengefektifkan umur agar lebih berdaya guna, semua manusia bisa melakukannya. Karenanya memanjangkan umur dapat dilakukan secara lahiriyah maupun maknawiyah.

Secara lahiriyah, agar umur panjang, seseorang harus menjaga tubuhnya senantiasa sehat. Adapun secara maknawiyah, memanjangkan umur adalah melipatgandakan nilai dari berbagai aktivitas yang dilakukan.

Sehingga meski umur tidak bertambah dari 60 tahun menjadi 100 tahun, tapi hasil yang diperoleh selama menjalani umur tersebut setara dengan hidup 100 tahun atau bahkan bisa lebih. Nah oleh karena itu pada kesempatan kali ini kami akan memberikan gambaran 20 amal penambah umur yang meningkatkan perolehan poin di dunia.

Lebih penting lagi untuk terus menjaga agar amalan yang kita perbuat tetap awet, caranya dengan menghindari dosa/ maksiat. Karena dosa akan membakar kebaikan sebagaimana api membakar kayu. Sehingga umur kitapun akan sia-sia bahkan meski benar-benar ditambah oleh Allah seribu tahun lamanya.

1. Shalat Jamaah

Rasulullah bersabda,

“Sahalat berjamaah lebih utama 27 derajat dibanding shalat munfarid (sendiri).” (HR. Bukhari dan Muslim)

Dengan senantiasa shalat berjamaah, kita akan mendapat pahala 27 kali lipat. Dibandingkan dengan yang setiap kali shalat yang tidak berjamaah, seakan-akan kita hidup 27 kali lebih banyak darinya.

Rasulullah bersabda,

“Sesiapa yang shalat isya’ berjamaah, seakan-akan dia shalat selama setengah malam, dan yang kemudian shalat shubuh juga berjamaah, seakan-akan dia shalat semalam penuh.” (HR. Muslim)

2. Shalat Sunah Di Rumah

Rasulullah bersabda,

“Shalat sunah seorang laki-laki yang dikerjakan secara tersembunyi dari pandangan manusia, pahalanya setara 25 kali shalat yang dilakukan di hadapan manusia.” (HR. Muslim)

Dalam sehari kurang lebih ada 10 shalat sunah yang bisa dikerjakan setiap hari. Mulai dari shalat fajar, rawatib hingga qiyamullail. Jika dikerjakan di rumah dan tidak banyak dilihat banyak orang, keutamaannya akan menjadi 25 kali lipat atau 25 x 10 = 250.

3. Qiyamul Lail Di Malam Lailatur Qadar

Allah berfirman,

“Lailatul Qadar itu lebih baik daripada seribu bulan.” (QS. Al Qadr: 3)

Imam Mujahid menjelaskan, pada malam Lailatul Qadar, amal seperti shalat dan perbuatan baik lainnya bernilai lebih baik seribu kali lipat daripada jika amalan tersebut dikerjakan pada bulan yang tidak terdapat Lailatul Qadar. (Tafsir Ibnu Katsir)

4. Shalat Jumat dan Menjaga Adabnya

Rasulullah bersabda,

“Sesiapa yang mandi pada hari jumat lalu pergi ke masjid seawal mungkin, berjalan dan tidak menggunakan kendaraan, mendekat ke tempat imam, menyimak dan diam serta tidak melakukan hal sia-sia, niscaya setiap langkahnya dari rumah menuju masjid setara amal setahun, shalatnya dan shiyamnya.” (diriwayatkan oleh Ahlus Sunah, dinilai shahih oleh Al Abani)

5. Menempati Shaf Awal (Pertama)

“Rasulullah memohonkan ampun untuk yang menempati shaf awal sebanyak tiga kali dan untuk yang kedua satu kali.” (HR. Nasai dan Ibnu Majah)

6. Banyak Membaca Surat Al Ikhlas dan Al Qur’an Secara Menyeluruh

Rasulullah bersabda,

Dari Abu Darda,  Rasulullah bersabda, “Apakah salah seorang dari kalian tidak ada yang bisa menyelesaikan sepertiga al Qur’an dalam semalam?” Para sahabat berkata, “Bagaimana caranya menyelesaikan sepertiga al Qur’an?” Rasulullah bersabda, “Bacaan ‘Qulhuwallahu ahad’ setara dengan sepertiga al Qur’an.” (HR. Al Hakim)

7. Memperbanyak Tasbih

Rasulullah bersabda,

“Bahwa Nabi Shallallahu’ alaihi wasallam keluar dari sisinya di waktu pagi ketika shalat Shubuh, sementara Juwairiyah duduk di tempat shalatnya. Di waktu Dhuha Nabi pulang sementara Juwairiyah masih duduk di tempat yang semula. Beliau Shallallahu’ alaihi wasallam bersabda kepadanya, ‘Kamu masih dalam keadaan seperti pada saat aku meninggalkanmu tadi?’ Juwairiyah menjawab, ‘Benar.’ Nabi Shallallahu’ alaihi wasallam bersabda, ‘Sungguh aku telah mengucapkan sesudahmu empat kalimat sebanyak tiga kali. Seandainya ia ditimbang dengan apa yang kamu ucapkan sejak pagi tadi niscaya ia menandinginya, (empat kalimat itu): Mahasuci Allah dan dengan memuji-Nya, sebanyak jumlah makhlukn-Nya, sejauh kerelaan diri-Nya, seberat timbangan Arasy-Nya dan sebanyak tinta tulisan kalimat-Nya’.”

8. Shaum Sunah

Shaum sunah memiliki banyak keutamaan. Meski hanya satu atau dua hari, tapi beberapa diantaranya menjanjikan profit pahala berlipat ganda. Seperti shaum arafah yang dapat menghapus dosa setahun, shaum syawal yang nilainya seperti shaum setahun dan sebagainya.

9. Memberi Makan Orang Yang Berpuasa Setiap Kali Berbuka

Rasulullah bersabda,

“Sesiapa yang memberi ifhtar (buka) orang shaum baginya pahala sebesar pahala orang shaum dengan tidak mengurangi pahala orang yang shaum sedikitpun.” (HR. At Tirmidzi)

10. Akhlak Baik Utamanya Kepada Tetangga

Rasulullah bersabda,

“Menyambung silaturahim, akhlaq yang baik dan baik kepada tetangga akan memakmurkan rumah dan menambah umur.” (HR. Ahmad)

11. Silaturahim

Rasulullah bersabda,

“Sesiapa yang suka rezekinya diluaskan dan umurnya dipanjangkan hendaknya ia menyambung silaturahim.” (Muttafaq’alaih)

12. Sedekah Jariyah

Rasulullah bersabda,

“Jika manusia mati, amalnya terputus kecuali dari tiga hal: sedekah jariyah, ilmu yang bermanfaat dan anak shalih yang mendoakan untuknya.” (HR. Muslim)

13. Memohon Ampun Untuk Orang Mukmin

Rasulullah bersabda,

“Sesiapa yang memohonkan ampun untuk orang-orang mukmin dan mukminat, Allah akan menetapkan untuknya satu kebaikan atas perorang mukmin dan mukminat.” (HR. Ath Thabrani)

14. Mengajar Ilmu Di Masjid

Rasulullah bersabda,

Sesiapa yang pergi menuju masjid dan tidak memiliki tujuan lain selain untuk belajar atau mengajarkan kebaikan atau mengamalkannya, maka dia akan mendapat pahala seperti haji secara sempurna.” (HR. Ath Thabrani)

15. Manjadi Dai

Rasulullah bersabda,

“Sesiapa yang berdakwah menuju petunjuk maka dia akan mendapat pahala sebesar pahala orang-orang yang mengikuti dakwah baiknya tanpa mengurangi pahala mereka sedikitpun.” (HR. Muslim)

16. Mendidik Anak Agar Shalih

Rasulullah bersabda,

“Jika manusia mati, amalnya terputus kecuali dari tiga hal: sedekah jariyah, ilmu yang bermanfaat dan anak shalih yang mendoakan untuknya.” (HR. Muslim)

17. Jihad Di Jalan Allah

Rasulullah bersabda,

Tempat seorang laki-laki di barisan jihad fi sabilillah lebih utama di sisi Allah daripada ibadahnya seseorang selama 60 tahun.” (HR. Al Hakim)

18. Menjaga Diri Dari Maksiat

Rasulullah bersabda,

“Sungguh aku tahu ada salah satu kaum dari umatku yang datang pada hari kiamat dengan kebaikan sebesar gunung Tihamah dengan warna putih, lalu Allah menjadikannya berhamburan kemana-mana”. Tsauban bertanya, “Wahai Rasulullah, jelaskan kepada kami sifat mereka dengan gamblang agar kami tidak menjadi bagian dari mereka sedang kami tidak menyadari.” Rasulullah bersabda, “Mereka saudara kalian dan berasal dari ras kalian, mereka menggunakan malam untuk qiyam sebagaimana kalian, tapi mereka adalah kaum yang jika mereka sedang tidak bersama manusia dan bersama dengan sesuatu yang dilarang Allah, mereka melanggar larangan Allah.” (HR. Ibnu Majah)

19. Menjauhi Kesewenangan

Rasulullah bersabda,

“Orang yang bangkrut dari umatku adalah orang yang datang pada hari kiamat dengan pahala shalat, shiyam, zakat. Tapi dia juga datang membawa dosa karena telah mengumpat si fulan dan menuduh dusta si fulan, memakan harta si fulan, menumpahkan darah si fulan, dan memukul si fulan. Lalu pahalanya diberikan kepada fulan yang ini dan juga fulan yang itu. Dan jika pahalanya telah habis padahal belum tuntas, kesalahan para korban itu akan dibebankan kepadanya lalu dia dilemparkan ke dalam neraka.” (HR. Muslim)

20. Tidak Memberi Teladan Buruk

Rasulullah bersabda,

“Sesiapa yang memberi contoh buruk dalam Islam, maka dia akan menganggung dosanya dan dosa orang-orang yang mencontoh apa yang dilakukannya tanpa mengurangi dosa mereka sedikitpun.” (HR. Muslim)

Itu tadi 20 amalan penambah umur yang semoga saja bermanfaat bagi kita semua sehingga dapat mengaplikasikan amalan-amalan tersebut untuk memaksimalkan umur kita yang entah tidak tahu kapan akan berakhir.

Komentar

Email Anda tidak akan dipublikasikan