As’ilah: Adakah Shalat Rawatib Yang Mengiringi Shalat Jumat?

326

BERANIDAKWAH.COM | Adakah Shalat Rawatib Yang Mengiringi Shalat Jumat? Shalat sunnah rawatib yaitu yang mengikuti shalat wajib, yang selalu Rasulullah lakukan, atau sering juga disebut sunnah mu’akkadah. Menurut golongan Syafi’i dan Hanbali adalah sepuluh shalat. Sebagaimana hadits Ibnu Umar, ia pernah berkata, “Aku telah menghafal sepuluh rakaat dari Rasulullah: dua rakaat sebelum Dzuhur, dua rakaat setelahnya, dua rakaat setelah Maghrib, dua rakaat setelah shalat Isya dan dua rakaat sebelum shalat Shubuh.” (HR. Bukhari dan Muslim)

Menurut madzhab Hanafiyah ada dua belas rakaat: sepuluh rakaat sebagaimana hadits di atas, dan sebelum shalat Dzuhur. Sebagaimana hadits Aisyah, ia berkata, “Bahwa Rasulullah tidak pernah meninggalkan empat rakaat sebelum Dzuhur.” (HR. Bukhari)

Juga sebagaimana hadits Ummu Habibah, bahwa Rasulullah pernah bersabda,

“Barangsiapa yang shalat dua belas rakaat di siang dan malam hari, maka akan dibangunkan baginya rumah di jannah.” (HR. Muslim)

Adapun mengenai shalat sunnah rawatib di shalat jumat, yang ada hanya disebutkan dua rakaat setelah shalat jumat. Sebagaimana hadits Ibnu Umar, ia berkata,

“Aku pernah shalat bersama Nabi shallallahu’alaihi wa sallam dua sujud (rakaat) sebelum Dzuhur, dua sujud setelahnya, dua sujud setelah Maghrib, dua sujud setelah Isya dan dua sujud setelah shalat Jumat.” (HR. Bukhari)

Hadits ini menunjukkan perbedaan antara shalat Dzuhur dan shalat Jumat, yang disebutkan hanya dua rakaat setelah Jumat, kecuali Takhiyatul Masjid. Maka tidak ada shalat sunnah rawatib sebelum shalat Jumat. Hal ini sebagaimana pendapat Imam Hanafi, Malik dan Syafi’i, kecuali Imam An-Nawawi yang tetap berpendapat adanya shalat sunnah sebelum Jumat.

Semoga ulasan tentang shalat rawatib yang mengiringi shalat jumat di atas dapat bermanfaat, jangan lupa share dan jazakallah khair. Bagi Anda yang ingin memperbanyak materi khutbah jumat, silahkan klik disini.

(Shahih Fiqih Sunnah: 1/372, Syarh Ibnu Bathal: 5/176)

Komentar

Email Anda tidak akan dipublikasikan