Bolehkah Makmum Sujud Tilawah Sendiri Setelah Selesai Shalat?

11,534

BERANIDAKWAH.COM | Bolehkah Makmum Sujud Tilawah Sendiri Setelah Selesai Shalat? Pada artikel sebelumnya kami sudah membahas mengenai sujud tilawah ini, singkat kata sujud tilawah adalah sujud yang dilakukan ketika seorang muslim yang sedang shalat membaca ayat-ayat sajdah.

Diriwayatkan dari Nafi’ dari Ibnu Umar yang mengatakan,” Rasulullah membacakan Al-Qur’an kepada kami. Jika melewati ayat sajdah, beliau bertakbir lalu sujud. Kami pun ikut sujud.” (HR. Abu Daud, Baihaqi dan Hakim)

[selengkapnya klik disini]

Nah, bagaimana jika seorang muslim sedang shalat berjamaah dan di dalamnya ia membaca ayat sajdah namun tidak segera melakukan sujud tilawah? Bolehkah makmum sujud tilawah sendiri setelah selesai shalat? Apakah hal ini benar atau salah?

Jawaban

Perlu diketahui bahwa seorang makmum harus mengikuti imam ketika shalat, karena imam di pilih untuk ditaati, bukan diselisihi. Alhamdulillah jika ada makmum yang tidak segera melakukan sujud tilawah karena itu akan menyelisihi imam dan ada kemungkinan akan mengganggu kekhusyukan orang sebelahnya.

Pendapat yang kuat mengenai masalah di atas adalah tidak perlu sujud meskipun setelah shalat selesai, karena jeda yang panjang antara bacaan ayat sajdah dan sujudnya. Para ulama telah menyebutkan hal ini.

Imam Nawawi berkata, “Jika ada yang membaca ayat sajdah maka seharusnya ia segera bersujud, begitu pula yang (sengaja) mendengar ayat tersebut dibaca, maka ia segera sujud tilawah. Adapun bila ia mengakhirkannya dengan jeda yang tidak lama maka boleh baginya sujud tilawah, namun kalau jedanya agak lama maka ia tidak sujud tilawah dan tidak juga mengqadanya menurut pendapat yang benar.” (Raudhatut Thalibin: I/323)

Berkata Syihabuddin ar-Ramli dalam fatawanya: I/220, telah hilanglah kesempatan sujud tilawah (yang tidak dilakukan) karena jeda yang panjang dari membaca ayat sajdah.

Ibnu Qudamah berkata, “Kalaulah seseorang membaca ayat sajdah di dalam shalat, tapi ia tidak sujud tilawah, maka ia tidak sujud tilawah setelah selesai dari shalatnya.” (Al Mughni: I/444)

Semoga hal di atas tadi dapat memberikan jawaban bagi saudara sekalian yang mungkin ada kebingungan mengenai sujud tilawah yang dilakukan di akhir shalat. Wallahu’alam.

Komentar

Email Anda tidak akan dipublikasikan