7 Hadits Shahih Keutamaan dan Manfaat Wudhu

908,949

BERANIDAKWAH.COM | 7 Hadits Shahih Keutamaan dan Manfaat Wudhu. Sadar atau tidak, kebanyakan dari kita hanya melihat wudhu sebaga syarat sahnya shalat saja. Artinya tidak akan berwudhu jika tidak akan mengerjakan shalat. Anda rugi jika masih seperti itu, karena pada dasarnya wudhu adalah suatu ibadah yang berdiri sendiri.

Benar, jika shalat tidak akan sah jika tidak berwudhu, tapi setelah berwudhu tidak diharuskan untuk shalat kan? Karena sejatinya berwudhu ialah untuk membersihkan tubuh agar senantiasa suci dari hadats besar maupun hadats kecil.

Sebagai sebuah ibadah yang berdiri sendiri, wudhu memiliki keutamaan yang luar biasa. Dibawah ini ada beberapa hadits Rasulullah Shallallahu’alaihi wa sallam yang menyebutkan faidah-faidah wudhu, diantaranya sebagai berikut

Pertama – Melepaskan Ikatan Setan Dari Tidur

Rasulullah bersabda,”Setan akan datang mengikat ujung kepala kalian ketika sedang tidur dengan tiga ikatan. Pada setiap ikatan setakan akan dibisikkan,”Kamu masih memiliki malam yang panjang, maka tidurlah.” Jika engkau bangun dan mengingat Allah, maka akan terlepaslah ikatan pertamamu. Apabila engkau kemudia berwudhu maka akan terlepaslah ikatan kedua. Dan jika engkau melakukan shalat, maka akan terlepaslah ikatanmu yang ketiga. Jika engkau tidak melakukan ketiga hal itu, niscaya hatimu akan menjadi sesat dan malas.” (HR. Bukhari dan Muslim)

Kedua – Dapat Mengejar Pahal Shalat Jamaah Yang Tertinggal

Rasulullah bersabda,”Baransiapa yang berwudhu dan menyempurnakan wudhunya, kemudian sengaja keluar menuju masjid dan mendapati orang-orang sudah shalat, Allah tetap akan menuliskan baginya pahala seperti pahala para jamaah itu tanpa mengurangi pahala mereka.” (HR. Abu Daud dan Nasa’i)

*Note : tidak berlaku bagi orang yang sengaja telat atau bermalas-malasan.

Ketiga – Sebagai Sarana Pendulang Pahala Saat Tidur

Rasulullah bersabda,”Sucikanlah jasad-jasad ini, niscaya Allah akan menyucikan kalian. Karena tak seorang hambapun yang tidur di malam hari dalam keadaan suci, melainkan ia akan ditemani seorang malaikat yang berada di selimutnya dan tidak bergerak sedikitpun sepanjang malam dan hanya berdoa,”Ya Allah, ampunilah hambamu ini, karena ia tidur dalam keadaan bersuci.” (HR. Ath Thabrani dinilai shahih oleh Syaikh al Albani dalam Shahihul Jamie : 3936)

Keempat – Tanda Kemuliaan Di Hari Kiamat

Rasulullah bersabda,”Sesungguhnya umatku akan dipanggil pada hari Kiamat dengan wajah dan tangan yang bercahaya karena bekas wudhu, barangsiapa yang di antara kalian mampu untuk memanjangkan ghurrah (warna putih di wajah)nya maka lakukanlah.” (HR. Bukhari dan Muslim)

Kelima – Berbuah Rumah Di Jannah

Rasulullah bersabda,”Tak seorang hamba muslim pun yang berwudhu lalu menyempurnakan wudhunya, lalu shalat dengan niat ikhlas karena Allah setiap hari 12 rakaat, melainkan Allah pasti akan membangunkan baginya sebuah rumah di jannah.” (HR. Ahmad)

Keenam – Sebab Masuk Jannah

Dari Abu Hurairah RA bahwa Nabi Shallallahu’alaihi wa sallam bersabda kepada Bilal ketika waktu shalat fajar,”Wahai Bilal, ceritakanlah kepadaku amal apa yang paling kau harapkan yang telah kau lakukan di dalam Islam, karenanya aku mendengar suara kedua sandalmu di Surga.” Bilal berkata,”Tidak ada amalan yang paling aku harapkan selain bahwa setiap kali aku bersuci pada waktu malam atau siang kecuali aku  melanjutkannya dengan shalat yang aku sanggupi.” (HR. Bukhari)

Ketujuh – Ukuran Perhiasan Di Akhirat

Rasulullah bersabda,”Perhiasan seorang mukmin di akhirat akan sesuai dengan jangkauan wudhunya.’ (HR. Muslim)

Itulah tadi 7 hadits shahih keutamaan dan manfaat wudhu yang mempunyai nilai ibadah tersendiri di sisi Allah. Alangkah indahnya jika bersuci ini menjadi kebiasaan dan kegemaran  kita, mudah di amalkan menuai jannah yang dijanjikan.

1 Comment
  1. hariawan says

    trimakasih,,saya sangat terbantu

Komentar

Email Anda tidak akan dipublikasikan