Kau Pikir Dengan Bunuh Diri Semua Masalah Akan Selesai?

1,021,839

BERANIDAKWAH.COM | Kau Pikir Dengan Bunuh Diri Semua Masalah Akan Selesai?. Dari Abu Hurairah berkata,”Rasulullah bersabda,”Demi yang jiwaku berada di tangan-Nya, dunia tidak akan musnah sampai ada orang yang lewat di kuburan lalu dia berguling-guling di tanah dan berkata,”Duhai, andai saja aku menggantikan posisi penghuni kubur ini!” padahal ia sama sekali tidak memiliki agama, itu dilakukan karena cobaan.” (HR. Muslim)

Al Imam al Qurthubi memaknai hadits ini sebagaimana riwayat dari Abu Hazim, dengan terjadinya bencana dan kesulitan hidup sampai-sampai kematian yang sebenarnya adalah musibah terbesar dianggap lebih ringan, karenanya orang pun lebih memilih musibah yang menurutnya lebih ringan tersebut.

Yang disebutkan dalam hadits baru sebatas pengandaian dari seorang lelaki yang menginginkan kematian karena merasa tak kuasa lagi menganggung beban hidup. Itu sudah cukup menggambarkan  keputus-asaan yang memuncak. Saat ini kita banyak menjumpai hal tersebut baik diberita televisi, koran, atau internet orang rela menghilangkan nyawanya sendiri karena hal-hal diluar nalar.

Faktor pemicu utamanya adalah karena problema kehidupan ini. Situasi akhir zaman ini terus mengalami penurunan, mulai dari penurunan moralitas, stabilitas sosial, sulitnya mencari pekerjaan, munculnya berbagai penyakit ganas yang sulit diobati, kondisi ekomoni yang terlilit hutang, dan banyak lagi. Faktor ekonomi mengambil peran paling banyak dalam kasus bunuh diri.

Faktor lain karena lemahnya iman. Sebenarnya faktor iman adalah pondasi dari segala hal. Jika iman seseorang terjaga maka tidak akan melakukan hal-hal tersebut. Namun jika iman seseorang lemah, apalagi tidak ada semangat untuk mendekat kepada Allah maka jalan untuk mengakhiri hidup semakin di utamakan.

Lalu, apakah dengan bunuh diri semua masalah selesai?

Banyak orang yang beranggapan dan memilih jalan bunuh diri sebagai solusi terbaik untuk lepas dari masalah. Padahal sejatinya, bunuh diri merupakan kesalahan pertama terbesar yang dilakukan seseorang dalam menyelesaikan masalahnya.

Memang benar jika persoalan hidup tak akan terselesaikan setelah mati, namun persoalan setelah mati hanya bisa diselesaikan saat hidup. Kenapa ini menjadi kesahalan terbesar pertama? Karena bunuh diri akan membawa seseorang menuju jerat masalah abadi, yaitu neraka jahanam. Siksa yang jauh lebih berat ketimbang dipukuli orang, atau tertusuk pisau.

Rasulullah bersabda,”Siapa yang bunuh diri dengan senjata tajam, maka senjata itu akan ditusuk-tusukannya sendiri dengan tangannya ke perutya di neraka untuk selama-lamanya; dan siapa yang bunuh diri dengan racun, maka dia akan meminumnya pula sedikit demi sedikit nanti di neraka untuk selama-lamannya; dan siapa saja yang bunuh diri dengan menjatuhkan diri dari gunung, maka dia akan menjatuhkan dirinya pula nanti (berulang-ulang) ke neraka, untuk selama-lamanya.” (HR. Muslim)

Lemah iman berarti lemah keyakinan akan adanya Dzat yang Maha Pemberi Rezeki, Dzat Maha Pemberi Pertolongan. Mari kuatkan iman kita dengan segera mengamalkan perintah Allah dan menjauhi apa yang telah dilarang-Nya.

Jika saat ini Anda adalah orang yang sedang diberikan ujian berat oleh Allah, kami berharap dan berdoa semoga diberikan ketabahan, kekuatan serta lekas diberikan jalan keluar. Sesungguhnya Allah menguji hamba-Nya tanpa di luar batas kemampuan hamba-Nya tersebut.

Komentar

Email Anda tidak akan dipublikasikan