Kesehatan: 20 Kebiasaan Untuk Menjaga Kesehatan Anda Sehari-hari

800

BERANIDAKWAH.COM | 20 Kebiasaan Untuk Menjaga Kesehatan Anda Sehari-Hari. Tubuh sehat tidak didapatkan dengan mudah, Anda perlu melakukan ‘sedikit perjuangan’ untuk meraihnya. Caranya dengan menerapkan pola hidup sehat? Lalu bagaimana caranya? Berikut ini ada 20 kebiasaan untuk menjaga kesehatan Anda sehari-hari.

1. Bangun pagi sebelum matahari terbit

Kebiasaan yang satu ini memang sangat baik dan bermanfaat, dalam Islam bangun sebelum matahari terbit dan melakukan shalat shubuh pahalanya lebih baik dari dunia dan isinya. Dalam hal ekonomi, bangun pagi dan bekerja akan lebih mendapatkan keuntungan maksimal. Dan juga dalam hal kesehatan, bangun pagi akan membuat tubuh lebih segar untuk beraktivitas seharian.

2. Olahraga satu jam

Setelah bangun pagi terus jangan tidur lagi, alangkah baiknya berolahraga. Melakukan olahraga rutin setiap hari selama satu jam akan membantu Anda untuk memperpanjang usia. Lakukan olahraga santai dan kecil-kecilan seperti lari-lari, yoga, senam aerobik, dll.

3. Jangan lewatkan sarapan pagi

Setelah olahraga jangan lupa untuk memberikan asupan nutrisi tubuh dengan sarapan pagi. Sarapan pagi akan bermanfaat bagi tubuh sebagai tenaga untuk melakukan aktivitas yang akan Anda lakukan. Bagi yang sedang dalam program diet, sarapan pagi sangat dianjurkan karena membantu diet.

4. Minum air putih 8 gelas sehari

Kurangi minuman dingin dan manis seperti es teh manis, es jeruk manis dan ganti dengan air putih. Minimal dalam sehari konsumsilah air putih sebanyak 8 gelas, air putih membantu melancarkan pencernaan serta mengurangi dehidrasi tubuh.

5. Memasak makanan di rumah

Suka jajan? Stop sekarang juga dan ganti makanan Anda dengan makanan yang diolah sendiri. Makanan yang di masak di rumah tentu jauh lebih menyehatkan, higenis dan hemat.

6. Jangan berlama-lama di internet

Internet sekarang ini menjadi kebutuhan primer manusia, seolah-olah bila internet ini mati dunia ini serasa kiamat. Boleh-boleh saja Anda berinternet, namun jangan terlalu lama untuk berinternet. Karena secara tidak langsung mata akan terus menatap layar komputer/ laptop, smartphones atau tablet. Efeknya mata cepat lelah dan lama-kelamaan akan mengakibatkan gangguan mata.

7. Jalan cepat selama satu jam

Hal ini bisa dilakukan oleh orang dewasa atau lansia sebagai olahraga di pagi atau sore hari. Berjalan akan mengurangi resiko dari terkena osteoporosis (tulang keropos).

8. Hindari makanan cepat saji

Tidak dipungkiri lagi jika makanan cepat saji atau junk-food memiliki kalori, lemak dan kolesterol berlebih. Jika Anda sering mengkonsumsi makanan cepat saji dalam jangka waktu lama akan menyebabkan penyakit berbahaya seperti stroke, obesitas, penyakit gula, dan lain-lain. Stop mengkonsumsi makanan siap saji sekarang juga!

9. Tidur cukup 8 jam sehari di malam hari

Jangan sampai Anda kurang tidur, ingat apa kata bang H. Rhoma Irama “begadang jangan begadang kalau tiada artinya, begadang boleh saja asal ada manfaatnya”. Rasullulah Muhammad juga tidak menyukai begadang, setelah sholat isya jika tidak ada urusan beliau langsung tidur untuk mempersiapkan bangun pagi untuk sholat tahajud berlanjut sampai sholat shubuh. Jadi, jangan sering begadang ya untuk acara yang tidak penting. Bahaya dari begadang bisa menimbulkan kesehatan tubuh menurun lho.

10. Jangan menunda-nunda pekerjaan

Ada pekerjaan? Selesaikan sekarang juga dan jangan menunda-nundanya lagi. Jika Anda tunda ada kemungkinan lain pekerjaan akan semakin bertambah dan menumpuk. Hal ini lama-kelamaan akan memicu stress dan mengakibatkan kesehatan menurun.

11. Bersepeda ke kantor

Kesehatan tidak bisa dibeli dengan gaya hidup? Jika Anda menuruti gaya hidup maka tidak akan ada habisnya, jangan risau jika banyak orang pergi ke kantor memakai mobil atau sepeda motor keren. Meskipun Anda punya, sebaiknya sesekali ganti kendaraan motor Anda dengan sepeda untuk pergi ke kantor. Ini demi kesehatan Anda dan lingkungan kita yang semakin parah akibat asap kendaraan.

12. Naik tangga di banding naik lift

Setali tiga uang, jika Anda tidak ada waktu untuk berolahraga pagi atau sore hari? Maka ganti aktivitas Anda dikantor dengan menaiki tangga daripada menggunakan lift. Jangan memanjakan tubuh untuk bersantai-santai demi menjaga tubuh tetap sehat dan fit.

13. Tertawa lepas selama 10 menit

Jangan membuat diri Anda stres akibat pekerjaan atau tugas kuliah? Karena hal itu akan mempengaruhi kesehatan Anda. Tersenyum atau tertawa lepaslah untuk menghilangkan stres, dalam Islam senyum merupakan ibadah sedekah yang paling mudah untuk dilakukan namun berpahala besar. Yuk jangan lupa untuk senyum ya

14. Minum secangkir teh hijau

Teh hijau dipercaya memiliki banyak sekali manfaat dan khasiatnya untuk kesehatan tubuh. Minum teh hijau hangat di pagi hari juga akan membuat tubuh rileks dan segar.

15. Dapatkan sinar matahari yang cukup

Sinar matahari di pagi hari adalah vitamin terbaik untuk kulit. Hal ini juga sering dilakukan oleh ibu-ibu yang menjemur bayinya di pagi hari beberapa menit agar kulit si bayi mendapatkan vitamin D yang cukup dari sinar matahari.

16. Nafas dalam selama 10 menit

Hal ini biasanya dilakukan ketika olahraga yoga, teknik bernapas dalam sangat membantu untuk menjaga kesehatan paru-paru. Sehingga asupan oksigen yang mengalir melalui darah dapat disalurkan ke seluruh tubuh secara normal dan konsisten.

17. Berjalan tanpa alas kaki di atas rumput

Dengan satu syarat, rumputnya harus bersih. Jangan berjalan di atas rumput yang kotor, apalagi rumput tersebut menjadi tempat biasa untuk menggembala kambing atau hewan ternak lainnya.

18. Kurangi Gula dan makanan manis

Mengokonsumsi makanan apa saja itu boleh, asal jangan berlebihan. Seperti halnya makanan dan minuman manis, jika berlebihan bukannya “manis” justru akan menimbulkan penyakit berbahaya seperti diabetes. Kurangilah makanan dan minuman manis demi kesehatan tubuh Anda.

19. Perbanyak makanan sayur dan buah

Sebagai ganti tidak mengkonsumsi makanan siap saji, maka konsumsilah makanan sayur dan buah-buahan yang memiliki banyak sekali nutrisi dan vitamin alami baik untuk kesehatan tubuh. Menurut penelitian, konsumsilah satu buah setiap hari dengan jenis berbeda-beda untuk menjaga tubuh tetap prima.

20. Telepon teman/ sahabat

Ini sangat bagus, apalagi jika itu adalah sahabat terbaik Anda? Karena kesibukan masing-masing jadi jarang bertemu lagi. Telpon atau video chat sahabat Anda untuk melepas penat, menghilangkan stres dan pastinya hal ini bisa membuat Anda tertawa atau tersenyum dengan mengenang tingkah atau kenangan bersama sahabat Anda dulu.

Dari 20 kebiasaan untuk menjaga kesehatan itu, setidaknya Anda bisa melakukan setengahnya untuk di lakukan setiap harinya. Sekali lagi, jika Anda ingin menjaga kesehatan diri Anda dan keluarga, mulai sekarang terapkan pola hidup sehat seperti di atas tersebut. Semoga bermanfaat

Komentar

Email Anda tidak akan dipublikasikan