Kesehatan: Faktor Penurun Kesehatan Dan 12 Cara Pola Hidup Sehat

474

BERANIDAKWAH.COM | Faktor Penurun Kesehatan Dan Pola Hidup Sehat. Dua nikmat yang sering di lalaikan manusia adalah nikmat sehat dan waktu luang. Sehat merupakan anugerah istimewa yang patut kita syukuri, karena tanpa diberikan kesehatan hidup ini serasa hampa. Buat apa kaya namun tidak bisa menikmati hal itu lantaran  sakit parah, buat apa menghabiskan waku untuk bekerja hingga melupakan waktu bersama keluarga dan Tuhannya.

Salah satu cara menjaga kesehatan tubuh adalah dengan menerapkan pola hidup sehat, apalagi jika Anda hidup dikota-kota besar seperti Jakarta, Surabaya, Bandung dan lain-lain. Menjaga kesehatan harus dengan cara yang ekstra, karena tingkat pengaruh penurun kesehatan jauh lebih besar seperti sudah banyak asap kendaraan bermotor, sampah yang berserakan di sungai-sungai, belum lagi makanan yang tidak higenis, aktivitas yang padat dan lain sebagainya. Semua itu tentu dapat memicu berbagai penyakit yang mengancam kesehatan diri dan keluarga kita.

FAKTOR PENURUN KESEHATAN

Dibawah ini beberapa faktor penurun kesehatan yang sering di alami oleh manusia, yaitu:

1. Lingkungan

Tidak dipungkiri jika lingkungan adalah hal yang mempengaruhi segala hal mulai dari kepribadian seseorang, tingkah lakunya, sampai pada kesehatan. Lingkungan yang masih banyak udara segar, tumbuhan hijau serta alam yang mendukung kebanyakan orang-orangnya rentan terkena penyakit dibandingkan hidup di daerah kota-kota besar yang banyak sampah berserakan di sungai, daerah kumuh, asap kendaraan, pembangunan tanpa diikuti penghijauan dan lain-lain.

Solusi bagi Anda yang hidup di kota-kota besar yang susah mendapatkan udara segar, bisa menaruh tanaman-tanaman yang mampu menciptakan udara segar di rumah Anda seperti tanaman Peace Lily, Dracaena, Florist’s Chrysanthemum, Bamboo Palm.

2. Makanan dan Minuman

Saya sering kali berpikir kenapa orang-orang dahulu umurnya bisa mencapai lebih dari 70 tahun? Ternyata salah satu resepnya adalah makanan. Tidak dipungkiri memang saat ini sangat susah untuk jajan makanan yang benar-benar sehat dan higenis. Kebanyakan makanan yang dijual tentunya mengandung tinggi kolesterol, lemak jenuh, tinggi kalori dan lain sebagainya. Kebanyakan sudah di campuri dengan bahan kimia yang dalam jangka panjang akan mempengaruhi kesehatan tubuh.

Orang dahulu untuk mendapatkan tubuh yang sehat dan kuat cukup memakan makanan alami seperti ketela, umbi, dan sayuran. Buktinya masih banyak kita temui orang-orang yang sudah tua masih kuat bekerja, berjalan jauh, mempunyai tubuh tegap, dll.

3. Beban Pikiran

Menurut penelitian penyebab faktor pemicu penyakit stroke yang utama adalah karena beban pikiran. Entah karena masalah pekerjaan, masalah studi, masalah beban biaya hidup atau masalah percintaan yang terlalu dipikirkan akan mengakibatkan stres.

Maka sering kali ketika kita berobat ke dokter, biasanya salah satu hal yang disarankan adalah jangan memikirkan sesuatu yang berlebihan. Orang hidup pasti punya masalah, namun Tuhan tidak menciptkan masalah jika tidak ada jalan keluarnya. Oleh karena itu tetap bersabar, selalu berusaha dan jangan lupa berdoa ketika mempunyai masalah.

4. Kebiasaan Buruk

Kebiasaan dapat menentukan kesehatan seseorang, apakah dia orang yang malas, suka makan, tidak rajin berolahraga, mengkonsumsi makanan tidak sehat, bermain game berlebihan, dan aktivitas lain yang memicu penyakit pada dirinya.

Orang yang ‘suka memanjakan dirinya’ untuk tidak bekerja keras cenderung lebih mudah terserang penyakit, dan pada akhirnya mereka malas untuk melakukan sesuatu. Oleh karena itu selalu biasakan diri Anda untuk menerapkan aktivitas-aktivitas positif yang bisa menjaga dan meningkatkan kesehatan seperti yang akan kita bahas di bawah ini.

MENERAPKAN POLA HIDUP SEHAT

1. Olahraga

Olahraga adalah aktivitas paling baik untuk tetap menjaga kesehatan tubuh, pilihlah olahraga yang menurut Anda nyaman dan disukai seperti olahraga joging, berenang, yoga, sepak bola, nge-gym, dan lain-lain.

Berapa kali olahraga yang baik? Jawabannya tergantung Anda sendiri, jika mampu melalukan setiap hari itu lebih baik, namun satu kali dalam seminggu sudah cukup untuk menjaga kesehatan tubuh. Ada beberapa alasan kenapa orang malas berolahraga?

Pertama : Merasa Tak Ada Waktu

Kembali ke kata pengantar di depan tadi dua nikmat yang sering dilalaikan manusia adalah nikmat sehat dan waktu luang. Jika Anda merasa tidak punya waktu untuk berolahraga karena aktivitas pekerjaan, coba Anda pikirkan sekali lagi buat apa punya uang banyak jika tidak sehat?

Karena sehat itu tidak ternilai oleh uang. Olahraga itu bisa di jalankan dalam berbagai aktivitas, dalam pekerjaan pun bisa. Contohnya jika sering menggunakan elevator, ganti dengan tangga. Atau bila berangkat memakai kendaraan pribadi sekali-kali gunakan sepeda.

Kedua : Tak Suka Olahraga

Tidak suka olahraga bukan alasan tidak bisa melakukannya kan? Saran saya paksa tubuh Anda untuk berolahraga meskipun tidak suka. Pada akhirnya hal-hal yang dipaksakan untuk hal-hal positif akan menjadi kebiasaan yang menyenangkan.

Ketiga : Phobia Olahraga

Anda merasa takut jika olahraga nanti akan cedera? Atau setelah olahraga tubuh merasa pegal-pegal yang tak sembuh? Jika begitu alasan Anda untuk enggan berolahraga itu salah besar. Solusinya di pagi hari Anda bisa mengawalinya dengan jalan santai mengelilingi komplek atau tempat olahraga. Biasakan mulai dari yang ringan saja jika tertantang boleh mencoba olahraga yang lebih berat lagi.

Keempat : Malu

Biasanya ini dialami oleh orang yang kelebihan berat badan, mereka merasa malu jika harus keluar rumah untuk berolahraga. Justru sebenarnya itu menjadi motivasi untuk mengurangi berat  badan dan membuktikan kepada orang lain bahwa Anda mampu menurunkan berat badan.

Jika malu menjadi masalah Anda, coba lakukan olahraga di dalam ruangan (rumah) seperti sit-up, lari dengan alat treadmil, plank dan olahraga aerobik lainnya.

2. Perbanyak Minum Air Putih

Tubuh mudah lemas dan cepat lelah karena konsumsi air putih lebih sedikit ketimbang air yang mempunyai rasa nikmat seperti es teh manis, aneka es dan minuman kemasan. Itu boleh saja namun sebenarnya minuman terbaik untuk menjaga kesehatan tubuh adalah air putih. Biasakan untuk mengkonsumsi minimal 6-8 gelas air putih setiap hari. Ada 5 gangguan yang akan di alami tubuh ketika kekurangan air putih, yaitu :

  • Gangguan pada fungsi otak
  • Infeksi kandung kemih
  • Kulit terlihat kusam dan kering
  • Gangguan pada ginjal
  • Gangguan pada saluran pencernaan

3. Hindari Tidur Yang Berlebihan atau Kurang /Begadang

Menurut saya berlebihan  yang berdampak baik hanya pada amal kebaikan, selain itu sepertinya hanya kerugian yang di dapatkan. Makan berlebihan membuat gemuk, tidur terlalu lama membuat badan pegal-pegal dan malas, berlebihan olahraga membuat tubuh lelah dan lain sebagainya. Begitu juga ketika dalam hal kekurangan, kurang nutrisi membuat tubuh sakit, kurang tidur membuat mata mengantuk, kurang uang membuat orang stres dan kurang bersyukur membuat kita cepat tua.

Maka hal yang baik adalah cukup, begitu juga cukup tidur untuk menjaga kesehatan badan tetap prima. Tidur yang baik adalah tidak lebih dari 8 jam sehari dan tidak kurang dari 5 jam sehari. Selain itu juga ketika kita sering memaksakan tubuh tidur larut malam akan berakibat memicu penyakit seperti masuk angin, sakit kepala, diabetes, pikun, penyakit jantung dan stroke.

4. Hentikan Kebiasaan Jarang Mandi

Kebiasaan ini umumnya dilakukan oleh para remaja, apalagi jika waktunya libur sekolah dan tidak punya kegiatan. Mungkin mandi hanya satu kali sehari, lebih parahnya lagi tidak mandi sama sekali. Ini kebiasaan yang buruk, maka hentikan!

Mandi, khususnya mandi di pagi hari akan membantu meningkatkan sistem imunitas (kekebalan) sehingga mampu mencegah dari penyakit. Selain itu juga mandi membuat kulit menjadi lebih segar sehingga Anda tidak terlihat seperti sudah tua.

5. Hentikan Makan Terlalu Cepat

Beberapa penelitian dilakukan untuk masalah ini, dan bisa di ambil kesimpulan bahwa orang yang terbiasa makan terlalu cepat dapat meningkatkan obesitas, sistem pencernaan bekerja lebih keras karena makanan tidak kurang lembut saat masuk, dan perut mudah kembung.

Obesitas dan sistem pencernaan adalah masalah serius, sehingga untuk menghindari penyakit terhadap dua kategori tadi sebaiknya ketika makan dengan durasi waktu yang cukup, pastikan makanan yang Anda makan terasa halus agar sistem pencernaan tidak bekerja terlalu keras.

hidup-lelah

6. Jangan Makan Dalam Kondisi Panas

Memang tidak dipungkiri bahwa sebagian orang lebih nikmat memakan makanan saat keadaan panas. Namun tahukah Anda jika memakan makanan dalam kondisi panas itu beresiko? Di bidang Gastroenterologi menemukan fakta bahwa makanan panas mampu menyebabkan permukaan pada selaput lendir saluran pencernaan terasa perih, kembung atau mual. Ingat, bahwa tujuan makan adalah untuk mengisi perut yang kosong, tetap makan dengan nikmat dan jangan abaikan kesehatan.

7. Kurangi Makanan Siap Saji, Mie Instan dan Goreng-gorengan

Kebanyakan masyarakat kota lebih memilih membeli makanan diluar daripada memasak sendiri, padahal jika kita memasak sendiri tentunya jauh lebih sehat dan mungkin lebih hemat. Makanan siap saji banyak yang mengandung kolesterol, tinggi kalori, kandungan lemak jenuh dan kandungan lain yang berpotensi merusak kesehatan tubuh. Contohnya saja makanan humberger dan mie instan, sistem pencernaan harus ekstra bekerja keras untuk mencerna makanan seperti ini.

Hindari makanan siap saji, mie instan dan makanan yang berbau goreng-gorengan, jika menginginkan makanan seperti itu alangkah baiknya memasaknya sendiri.

8. Hentikan Kebiasaan Menahan Kencing

Saya yakin banyak diantara kita yang sampai saat ini masih sering menahan kencing, entah karena pada saat acara penting, saat ibadah atau acara lain. Saran dari Dr. Sudung.O.Pardede,Sp.A(K), menjelaskan bahwa bahaya menahan kencing, menyebabkan air yang seharusnya keluar akan di tamping di kandung kemik. Dan dalam kandung kemih sendiri, terdapat otot-otot yang menahan air tersebut. Kata dr.Sudung “sekali dua kali menahan masih biasa. Tapi, kalau ditahan secara terus menerus air yang seharusnya keluar dan dari atas yang selalu masuk, maka air yang terdapat di kandung kemih akan naik ke atas kembali ke ginjal. Kondisi ini berbahaya karena pada dasarnya ,zat dalam urine itu sendiri mengandung Bakteri.” Dan Bakteri ini, bisa menyebabkakan infeksi hingga gagal ginjal. Jadi, jangan membiasakan hal semacam ini, karena ini mengancam kehidupan Anda.

9. Tidur Setelah Makan

Ini juga menjadi kebiasaan buruk yang membudaya di masyarakat Indonesia, memang hal yang paling enak adalah setelah makan terus tidur. Perlu diketahui jika kebiasaan ini dapat memicu berbagai penyakit mematikan di kemudian hari. Waktu tidur yang tepat setelah Anda makan adalah 3 jam setelahnya, karena pada waktu itu sistem pencernaan selesai melakukan pekerjaannya.

10. Say No to “Drugs, Miras, Rokok dan Judi”

Tidak hanya buruk bagi diri sendiri namun juga merusak generasi penerus bangsa. Obat-obatan terlarang, minuman keras dan rokok adalah cara ‘nikmat’ seseorang menginginkan bertemu dengan Tuhannya. Sudah banyak kasus remaja meninggal karena minuman keras, keluarga hancur karena obat-obatan terlarang, terlilit hutang karena judi dan mengidap penyakit mematikan karena rokok.

Saya rasa tak perlu lagi saya menjelaskan betapa buruknya narkoba, miras, rokok dan judi. Namun yang masih menjadi kebingungan saya adalah kenapa masih saja ada orang yang melakukan kebiasaan ini? Padahal sudah jelas peringatannya. Atau mungkin inikah yang dinamakan cinta itu buta?

11. Jangan Lupa Untuk Tertawa

Mudah dan bermanfaat, tertawa ternyata mampu mendatangkan manfaat yang tanpa kita sadari. Tertawa bisa membakar kalori, meningkatkan kesehatan jantung, membuat awet muda, banyak teman dan membuat pikiran lebih tenang.

Namun jangan tertawa sendiri tanpa ada sebab ya, jika tidak ingin dilihat sebagai orang gila. Orang yang jarang tersenyum terpancar dari aura dan raut mukanya, biasanya memiliki aura cemberut dan kulit keriput. Jadi, tertawalah sebelum tertawa itu dilarang.

12. Biasakan Berpikir Positif

Berpikir postif dan berbaik sangka (khusnudzon) adalah tips memperpanjang umur, karena kedual hal itu akan membuat hati menjadi tenang. Jika ada orang yang menjelek-jelekan Anda atau membicarakan keburukan Anda, berpikirlah bahwa mereka sebenarya orang-orang yang sangat perhatian dengan Anda.

13. Jangan Lupa Bersyukur

Kadangkala manusia lupa akan nikmat Allah yang diberikan kepadanya, oleh karena itu jangan lupa untuk selalu bersyukur dalam kondisi apapun. Karena dengan kita pandai bersyukur kepada Allah menjadikan hidup lebih tenang dan bahagia.

Demikian info dan tips kesehatan mengenai faktor penurun kesehatan dan pola hidup sehat, jangan lupa share ya jika menurut kalian ini bermanfaat. Terima kasih banyak.

Komentar

Email Anda tidak akan dipublikasikan