Kesehatan: Ingin Hati Sehat? Hindari Sering Begadang

444

BERANIDAKWAH.COM | Tips Menjaga Kesehatan Hati Dan Liver. Begadang memang mengasyikkan, apalagi jika sedang berkumpul dengan sahabat, saudara atau keluaga dan mengerjakan hal-hal seru seperti nonton bola bersama, camping, atau sekedar ngobrol biasa bersama mereka. Itu boleh saja, asal jangan melakukan begadang terlalu sering ya, karena itu tidak baik untuk kesehatan tubuh.

Efek dari begadang sangat banyak sekali, di antaranya mudah mengantuk, tubuh tidak fit atau lemas, pikiran bisa stress, dan yang paling buruk adalah bisa menyebabkan gangguan kesehatan dalam tubuh. Salah satu efek dari begadang yang menyerang organ tubuh adalah hati atau liver. Tidak hanya karena begadang saja, tapi hati bisa rusak disebabkan oleh beberapa hal, yaitu:

  1. Tidur terlalu malam dan bangun terlalu siang
  2. Pola makan yang terlalu berlebihan
  3. Tidak sarapan/ makan pagi
  4. Terlalu banyak mengkonsumsi obat-oabatan
  5. Terlalu banyak mengkonsumsi bahan pengawet, zat tambahan, pewarna atau pemanis buatan
  6. Sering memakan makanan yang digoreng dengan minyak goreng berkualitas rendah
  7. Mengkonsumsi makanan mentah atau terlalu matang juga bisa menambah beban hati

Kita harus melakukan pencegahan dengan tanpa mengeluarkan biaya tambahan. Cukup dengan mengatur gaya hidup dan pola makanan sehari-hari. Perawatan dari pola makan dan kondisi waktu sangat diperlukan agar tubuh kita dapat melakukan penyerapan dan pembuanan zat-zat yang tidak berguna sesuai dengan jadwalnya, sebab:

  • Malam hari pukul 9-11 adalah waktu pembuangan zat-zat tidak berguna/ beracun (detoxin) dibagian sistem antibodi (kelenjar betah bening). Selama durasi waktu ini seharusnya dilalui dengan suasana tenang atau mendengarkan lantunan ayat-ayat Al-Qur’an.
  • Malam hari pukul 11-dini hari merupakan saat proses detoxin di bagian hati, harus berlangsung dalam kondisi tidur pulas.
  • Dini hari pukul 01.00–03.00 merupakan proses detoxin di bagian empedu, juga berlangsung dalam kondisi tidur.
  • Dini hari pukul 03.00-05.00 saat detoxin di bagian paru-paru, sebab itu akan terjadi batuk yang hebat bagi penderita batuk selama durasi waktu ini. Karena proses pembersihan (detoxin) telah mencapai saluran pernafasan, maka tak perlu minum obat batuk supaya tidak merintangi proses pembuangan kotoran.
  • Pagi pukul 05.00-07.00 dimana detoxin di bagian usus besar, harus buang air di kamar kecil.
  • Pagi pukul 07.00-09.00 dimana waktu penyerapan gizi makanan bagi usus kecil, sehingga sebaiknya sarapan. Bagi orang yang sakit sebaiknya makan lebih pagi yaitu sebelum pukul 06.30. Karena makan pagi sebelum pukul 07.30 sangat baik bagi mereka yang ingin menjaga kesehatannya.
  • Bagi mereka yang tidak makan pagi harap merubah kebiasaannya ini, bahkan masih lebih baik terlambat makan pagi hingga pukul 09.00-10.00 daripada tidak makan sama sekali. Tidur terlalu malam dan bangun terlalu siang akan mengacaukan proses pembuangan zat-zat tidak berguna. Selain itu, dari tengah malam hingga pukul 04.00 dini hari adalah waktu bagi sumsum tulang belakang untuk memproduksi darah. Sebab itu, tidurlah yang nyenyak dan jangan terlalu sering begadang bila tidak ada urusan penting.

Demikian info kesehatan kali ini, bagi muslim tentu menjaga kesehatan adalah hal sangat penting, karena jika memiliki tubuh yang sehat tentu ibadahnya kepada Allah jauh lebih maksimal daripada tubuh yang sakit. Sebarkan ya jika bermanfaat, terima kasih.

Komentar

Email Anda tidak akan dipublikasikan