Seputar Asma: Gejala, Pantangan, Pencegahan dan Pengobatan

516

BERANIDAKWAH.COM | Seputar Tentang Penyakit Asma (Gejala, Pantangan, Pencegahan dan Pengobatan). Asma adalah penyakit yang bersifat alergis, artinya penyakit ini akan kambuh jika dipengaruhi oleh sesuatu seperti udara dingin, makanan, obat-obatan, bau menyengat dan lingkungan berdebu. Orang yang menderita penyakit asma, sistem pernapasan mereka mengalami penyempitan dan dipenuhi dengan lendir, dalam hal ini akan menyebabkan penderita asma mengalami kesulitan bernapas.

Masih saja ada orang yang belum mengetahui bagaimana gejala awal dari penyakit asma? Dengan mengetahui gejala-gejala asma berikut ini mudah-mudahan akan membantu menganalisa apakah Anda atau orang lain mengidap penyakit asma atau tidak? Berikut ini gejala penyakit asma.

GEJALA PENYAKIT ASMA RINGAN

1. Bersin-bersin

Meskipun hal ini bukanlah menjadi patokan utama sebagai gejala penyakit asma, namun patut untuk diperhatikan. Bersin-bersinpada seseorang disebabkan karena ada bakteri, debu, atau virus yang terhirup masuk melalui hidung. Ketika ada benda asing ini masuk melalui hidung, maka disitulah fungsi dari bulu hidung yang akan terstimulasi untuk menyaring dan membuangnya dengan cara bersin.

Jika benda asing tersebut masih bisa lolos dari bulu hidung maka akan mengenai saluran pernapasan sehingga menyebabkan infeksi pada saluran pernapasan yang pada akhirnya penyakit asma kambuh lagi.

2. Hidung Mampet

Hidung yang mampet tentu saja akan mengganggu proses pernapasan, hal ini juga dapat memicu seseorang sesak napas. Karena pada saluran pernapasan mengalami gangguan yang akan memicu asma.

3. Batuk

Seperti bersin, batuk merupakan respon yang diberikan tubuh untuk membuang virus, bakteri atau benda asing lain yang masuk ke dalam tubuh melalui mulut atau hidung. Benda asing yang lolos dan menginfeksi saluran pernapasan memungkinkan untuk memicu penyakit asma. Selain itu juga kotoran atau debu yang masuk melalui mulut dapat memicu penyakit mematikan lainnya.

Rasulullah menyarankan umatnya jika menguap untuk menutupnya, atau setidaknya menggunakan masker ketika bepergian.

4. Susah Tidur

Gejala lain yang dapat memicu penyakit asma adalah susah tidur. Banyak sekali efek buruk bagi seseorang yang sulit untuk tidur, baik dari sisi kesehatan maupun mental. Namun untuk penyakit asma, orang yang susah tidur ini karena pola pernapasan yang berubah-ubah sehingga merasa tidur tidak nyaman.

5. Perubahan Suasana Hati

Keempat gejala di atas sangat berpengaruh juga terhadap perubahan suasana hati seseorang. Sehingga tidak heran jika penderita asma ini akan lebih sensitif ketika asmanya kambuh, ya seperti perempuan yang sedang mengalami pms.

GEJALA PENYAKIT ASMA AKUT

Selain gejala ringan di atas tadi, ada beberapa gejala penyakit asma akut yang perlu di waspadai. Berikut ini gejala pada penyakit asma akut:

1. Napas Terasa Berat

Akibat adanya benda asing yang masuk ke tubuh dan mengganggu saluran pernapasan akan berdampak pada aktivitas kerja dari saluran pernapasan yang lebih keras dalam mencukupi asupan oksigen dalam tubuh. Sehingga akan sulit untuk bernapas, biasanya orang yang menderita penyakit asma ini akan mengeluarkan bunyi “ngik-ngik” ketika sedang bernapas.

2. Sesak Di Bagian Dada

Ketika saluran pernapasan tidak mampu mencukupi oksigen untuk tubuh, terutama paru-paru. Maka secara otomatis paru-paru akan memperbesar ukurannya untuk mendapatkan asupan oksigen lebih banyak. Hal inilah yang membuat kenapa penderita asma sering mengalami sesak napas di dada.

3. Cepat Lelah Ketika Beraktivitas

Gejala asma yang pasti adalah orang yang mudah lelah ketika beraktivitas, salah satunya olahraga. Hal ini juga terjadi karena tubuh tidak mendapatkan suplai oksigen dengan baik, akibatnya penderita asma akan “ngos-ngosan” ketika beraktivitas berat.

4. Napas Pendek

Untuk mengetahui hal ini bisa Anda melakukan aktivitas seperti mengangkat properti rumah seperti kasur, meja, dan lain sebagainya. Jika tubuh merasa cepat lelah, hal ini disebabkan karena napas yang terasa berat dan pendek selalu terjadi ketika beraktivitas berat.

Itu tadi beberapa gejala yang terjadi pada penderita asma, biasanya sebelum muncul gejala asma akut akan disertai lebih dulu gejala asma ringan.

FAKTOR PENYEBAB PENYAKIT ASMA

Ada beberapa faktor kenapa seseorang menderita penyakit asma, berikut ini daftarnya :

  • Faktor keturunan
  • Orang yang menderita alergi
  • Orang yang mempunyai masalah berat badan (obesitas)
  • Perokok aktif dan pasif
  • Orang yang sering terkena asap kendaraan

PANTANGAN ASMA

Bagi Anda yang menderita penyakit asma harus menyadari betul untuk menghindari hal-hal yang bisa memicu asma kambuh. Apa saja yang bisa memicu kambuhnya asma? Lihat daftarnya dibawah ini

  • Mencegah terkena debu
  • Jangan mencoba untuk mencium serbuk sari dari bunga
  • Hindari hewan yang berbulu seperti kucing dan anjing
  • Jangan menjadi perokok aktif dan hindari asap rokok
  • Jangan mencium sesuatu yang mempunyai bau menyengat
  • Hindari seringnya menghirup asap kendaraan atau asap pabrik
  • Jangan melakukan aktivitas atau olahraga terlalu berat
  • Jangan memakai obat aspirin
  • Hindari tekanan emosi yang terlalu kuat atau stres
  • Hindari makanan yang menjadi pemicu asma

CARA MENCEGAH PENYAKIT ASMA

Beberapa cara melakukan pencegahan penyakit asma ini dibagi menjadi 3 bagian, yaitu pencegahan asma di lingkungan rumah, pencegahan asma di lingkungan kantor dan pencegahan asma di luar rungan (outdoor).

1. Pencegahan Asma Di Lingkungan Rumah

Hal yang sebaiknya Anda lakukan di rumah untuk mencegah kambuhnya asma adalah sebagai berikut

Menjaga kebersihan tempat tidur

“Kebersihan sebagian dari iman”. Tempat yang bersih selain membuat nyaman, juga meminimalkan terkena penyakit. Pastikan untuk rajin membersihkan tempat tidur Anda, seperti sprei, bantal, guling, lantainya dan perlengkapan tidur lain.

Jangan Membiarkan Hewan Peliharaan Melintas Bebas

Jika Anda punya hewan peliharaan seperti kucing dan anjing, sebaiknya jangan membiarkan hewan tersebut melintasi furniture perumahan seperti sofa/ kursi, tempat tidur dan lain-lain. Karena ditakutkan akan meninggalkan bekas bulu di tempat tersebut.

Jika perlu Anda menyiapkan kurungan khusus untuk hewan peliharaan Anda, atau lebih baiknya tidak memelihara hewan demi kesehatan Anda dan keluarga.

Bersihkan Karpet dan Mainan Anak-anak

Jika peraboran rumah Anda ada yang terbuat dari bahan yang mudah di hinggapi bulu atau debu, maka selalu pastikan untuk membersihkannya dengan vacum cleaner atau mencucinya. Termasuk juga mainan anak-anak seperti boneka, mainan mobil-mobilan, dan lain sebagainya.

Menjaga Sirkulasi Udara Tetap Segar

Ciptakan nuansa rumah yang asri dan menyegarkan dengan memberikan tanaman-tanaman yang mampu memproduksi udara segar. Ada beberapa tanaman-tanaman yang bisa menyaring udara kotor sehingga mampu menciptakan udara yang segar. Contoh tanaman tersebut adalah Peace Lily, Dracaena, Florist’s Chrysanthemum, Bamboo Palm.

Hindari Produk Pembersih Yang Mengandung Bahan Kimia

Bau menyengat yang kelur dari produk-produk pembersih berbahan kimia sangat berpotensi untuk memicu kambuhnya asma. Jika tetap memakai hal itu sebaiknya tempatkan di lokasi yang jauh dari Anda, dan ketika menggunakannya sebaiknya orang yang memakai tidak punya alergi, dan tidak memiliki riwayat penyakit asma.

2. Pencegahan Asma Di Lingkungan Kantor

Hindari Rokok dan Asapnya

Rokok dan asap rokok merupakan hal yang dapat memicu penyakit asma, jika di kantor ada rekan kerja yang merokok sebaiknya menghindarinya. Dan jangan lupa menjelaskan agar tidak terjadi salah paham bahwa Anda punya asma yang takut jika menghirup asap rokok akan memicu kambuhnya asma.

Hindari Stres

Tekanan di saat kerja yang begitu berat jangan sampai membuat Anda stres yang akan memicu asma. Perubahan nuansa hati berpengaruh terhadap penyakit asma, otak butuh santai maka jangan lupa untuk refreshing bersama keluarga atau rekan kerja meskipun hanya mengobrol santai di tempat yang asyik.

Selalu Siaga

Ini merupakan antisipasi hal-hal lain yang memicu asma, selalu siapkan obat-obatan pereda asma seperti albuterol saat di kantor.

3. Pencegahan Asma Di Luar Ruangan

Ada 5 hal yang bisa Anda lakukan untuk mencegah kambuhnya asma di luar ruangan, yaitu :

  • Hindari udara yang terlalu dingin
  • Menghindari sumber yang dapat memicu alergi
  • Selalu memperhatikan perubahan cuaca
  • Melakukan olahraga ringan
  • Memakai masker saat bepergian

CARA MENGOBATI PENYAKIT ASMA

1. Pengobatan Asma Berdasarkan Jenisnya

Asma Karena Alergi

Gejala awal yang terjadi :

  • Batuk
  • Sesak napas
  • Dada terasa sempit
  • Napas cenderung lebih cepat

Pengobatan: memakai masker, baju hangat dan hal-hal lain yang disesuaikan dengan alerginya

Asma Karena Batuk

Gejala awal yang terjadi :

  • Batuk yang terjadi dalam waktu yang lama sekitar 2 bulan tidak sembuh-sembuh
  • Batuk terjadi di siang hari dan malam hari
  • Batuk akan menjadi lebih parah jika melakukan aktivitas berat
  • Batuk juga terkadang lebih parah jika mencium aroma menyengat

Pengobatan: dengan pemakaian obat semprot asma seperti albuterol

Noctural Asma (Asma Malam)

Penyebab asma noktural belum diketahui secara pasti. Tetapi dapat dipicu oleh alergi, polusi udara, infeksi pernapasan, emosi, kondisi cuaca, sulfit dalam makanan dan obat-obatan tertentu. Gejala umum termasuk batuk, mengi, sesak napas dan dada sesak.

Pada dasarnya tidak ada obat khusus utuk mengobati asma noktural. namun berbagai jenis obat asma untuk jenis asma lain sangat efektif digunakan untuk jenis asma ini. Selain itu, karena asma ini akan menyerang pada malam hari sebaiknya penderita selalu dekat dengan alat inhaler/ nebulizer.

2. Pengobatan Asma Dengan Cara Alami

Kencur

Bahan :

  • Kencur secukupya (3-5 biji)
  • 2 Sendok makan madu murni
  • 1 butir telur ayam (diutamakan ayam kampung)
  • 1/4 jeruk nipis

Cara membuat & menggunakannya :

  • Cuci kencur hingga bersih
  • Parut kencur tersebut lalu peras airnya
  • Hasil perasan sari kencur tadi dicampurkan dengan madu dan telur
  • Aduk secara perlahan, lalu campurkan juga perasan jeruk nipis
  • Aduk kembali hingga merata/semua tercampur
  • Minum ramuan ini 2 kali sehari pada waktu sore dan malam menjelang tidur

Sirih

Bahan :

  • 7 lembar daun sirih
  • 1 sendok teh lada putih
  • minyak kayu putih secukupnya

Cara mengolah :

  • Gerus lada putih dan daun sirih bersamaan sampai halus
  • Hasil gerusan campurkan dengan minyak kayu putih secukupnya

Cara menggunakan

Oleskan hasil olahan tadi keseluruh bagian leher dan dada

Bunga Melati

Bahan :

  • Bunga Melati 15 gram
  • Air 400cc

Cara mengolah & mengkonsumsi

15 gram bunga melati direbus secara bersamaan dengan air 400cc, lalu sisakan sampai mencapau 200cc. Air tersebut diminum secara teratur 2 kali sehari.

Berikut tadi ulasan seputar asma, mulai dari gejala asma, pantangan penderita asma, cara pencegahan asma dan pengobatan asma. Ingin tahu bagaimana cara Rasulullah menjaga kesehatan tubuhnya? simak disini. Jangan lupa di share jika bermanfaat ya. Jazakallah khair.

Komentar

Email Anda tidak akan dipublikasikan