Faktor Penghambat Haid Dan Tips Melancarkan Haid

268

BERANIDAKWAH.COM | Kesehatan – Tips Melancarkan Haid. Untuk sebagian wanita, kadang mereka merasakan bahwa siklus haid kurang lancar. Hal ini bisa terjadi karena beberapa faktor, di antaranya adalah stress, angkat beban berat, berat badan yang tidak stabil. Kondisi seperti ini biasa disebut dengan amenore atau tidak terjadi haid. Sebelum kita masuk kedalam inti masalah, yaitu tentang melancarkan haid. Sebaiknya kita juga mengetahui siklus haid dan penyebab tidak terjadi haid.

Wanita yang beranjak dewasa akan mengalami haid yang mungkin tidak akan teratur, mungkin hal ini bisa terjadi selama tiga tahun. Karena siklus haid yang normal terjadi antara 21 sampai 30 hari dan saya tekankan bahwa setiap orang berbeda-beda waktu mulainya.

Misalnya seorang wanita mendapatkan masa haid dalam kurun waktu 21 hari dan seorang wanita yang lain mendapatkan masa haid dalam kurun waktu 28 hari, cara yang efektif untuk mengetahui kurun waktu masa haid yaitu dengan mmemberikan catatan di dalam kelender sehingga dapat diketahui dengan pasti berapa harikah kita mendapatkan masa haid. Nah, setelah tahu masa siklus haid, mari kita pelajari beberapa faktor yang menyebabkan tidak terjadinya haid

  1. Fungsi Hormon terganggu : biasanya hormon terganggu karena ketidakseimbangan antara organ-organ penghasil hormon, seperti esterogen dan prgesteron
  2. Berat badan (terlalu gemuk atau terlalu kurus) : ukuran tubuh juga menjadi faktor yang mengakibatkan gangguan dalam metabolisme lemak, sehingga hormon esterogen didalam tubuh menjadi tidak stabil.
  3. Jarak Waktu Siklus Haid : jika jarak haid yang pertama dan haid lainnya begitu lama, maka bisa mengakibatkan haid tidak lancar.
  4. Nutrisi tidak seimbang : Asupan nutrisi yang dikonsumsi tidak memenuhi kebutuhan gizi didalam tubuh menjadikan haid tidak berjalan normal
  5. Program Diet yang salah : wanita sering kali betah tidak makan agar bisa kurus, akan tetapi jika salah dalam diet malah mengakibatkan diet tidak lancar. Jadi jika diet, maka asupan seperti Karbohidrat, Protein, dan Lemak harus bisa dijaga
  6. Penyakit (Diabetes dan Tumor) : Kandungan gula darah di dalam tubuh sangat berpengaruh pada kelancaran haid, atau mengeluarkan darah yang terlalau banyak ketika haid dan dalam jangka waktu yang lama, misalnya mendapatkan haid hampir dua atau tiga kali dalam satu bulan.
  7. Kista : ini yang paling mengganggu dan tidak menyenangkan, karena wanita yang terjangkit penyakit ini bisa dipastikan bahwa siklus haid tidak akan berjalan dengan baik. Serta seringkali mengeluarkan warna darah yang berbeda dengan wanita lainnya.

Setelah kita mengetahui bersama penyebab haid tidak lancar, maka dari itu kami ingin memberikan tips melancarkan haid secara alami, berikut tipsnya :

  1. Kurangi aktivitas yang menjadikan tubuh lelah
  2. Minum air putih sebanyak-banyaknya (sekitar 8 gelas/hari)
  3. Tidak mengangkat beban diluar kemampuan
  4. Rutin mengkonsumsi ramuan atau obat tradisional yang bisa melancarkan haid
  5. Makan manakan yang cukup mengandung karbohidrat, nutrisi dan vitamin
  6. Lakukan aktivitas ringan seperti jalan kaki, jogging, atau olahraga ringan lainnya
  7. Tidak terlalu banyak mengkonsumsi lemak, karena lemak bisa mengakibatkan haid tidak lancar
  8. Untuk wanita yang mengidap penyakit kista, disarankan untuk tidak mengkonsumsi makanan cepat saji, asam, dan pedas.

Semoga tips melancarkan haid ini bermanfaat, jika anda punya saran yang menarik, silahkan untuk dikirimkan kepada kami. Jazakallah khair.

Komentar

Email Anda tidak akan dipublikasikan